Mau Cari Apa?

Banyak banget persoalan dalam hidup yang membuat kita harus mengejar target, harus mencapai sesuatu, harus memiliki ini dan itu. Perkara tuntutan hidup dan dinamika sosial yang membuat kita ingin menjadi dan memiliki sesuatu seperti mereka. Orang-orang berlari untuk masuk pagi sampai malam. Berusaha untuk mengejar sesuatu yang nantinya akan membahagiakannya. Perkara mimpi-mimpi yang mungkin harus diraih. Ambisi kuat untuk mendapatkan sesuatu dan jerih payah yang habis-habisan untuk menjadi dan memiliki apa yang mereka miliki. Bukan. Bukannya tidak boleh. Tapi lebih kepada, mau cari apa?

Orang yang sudah berkecukupan mau mendapatkan yang lebih. Orang yang sudah cantik, masih ingin lebih cantik. Orang yang sudah mapan masih ingin lagi, lagi dan lagi. Mau cari apa? Perkara segala hal yang mungkin sudah kita miliki dan sebelumnya sudah kita kejar habis-habisan, lihat.. setelah mendapatkan itu apa yang kita rasakan? Ketika cantik belum tentu bahagia. Ketika kaya pun belum tentu hidupnya damai sejahtera. Ketika punya banyak hal yang orang lain tidak miliki, apa lebihnya?

Segala hal dalam hidup bukan sekedar untuk dikejar, bukan sekedar untuk diraih, bukan sekedar untuk dimilki. Tapi yang lebih penting adalah untuk dimaknai, apa yang kita cari selama ini dan untuk apa?

Mempunyai mimpi tidak pernah jadi masalah, mengejar segala sesuatu yang menjadi keinginan hati kita juga tidak menjadi problem. Tapi yang paling penting harus diperhatikan adalah, jangan sampai kita mengejar segala sesuatu dengan jerih dan susah payah untuk hal yang sia-sia. Karena pada akhirnya kita akan pergi, dan meninggalkan semua hal yang selama ini susah payah kita kejar.

Tujuan hidup bukan hanya sekedar menjadi kaya, atau menjadi terhormat, punya gelar atau jabatan tertentu. Tapi cobalah untuk memaknai, untuk apa itu semua? Apakah segala hal yang kita kejar selama ini bisa bermanfaat untuk banyak orang? Apakah segala hal yang kita miliki dapat membantu banyak orang? Bagaimana cara kita memandang apa yang kita kejar, apa yang kita raih akan menentukan makna ketika kita memiliki hal-hal tersebut. Pastikan makna yang kita miliki adalah makna yang membuat hidup kita semakin berguna, dan bermanfaat untuk banyak orang. Bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *