Jangan Berhenti Jadi Orang baik

Kadang, dalam hidup kita melakukan banyak kebaikan, memberi, melakukan yang terbaik, mengasihi, mencintai, dan hal baik lainnya. Tapi kadang, dunia begitu jahat. Menerima sesuatu dimana kita tidak menabur. Kita merasa dikecewakan oleh dunia. Cobaan hidup yang bertubi-tubi. Kemalangan. Dan kesusahan lainnya yang tidak sesuai dengan apa yang selalu kita berikan. Mungkin pernah kita bertanya “Kenapa, hal jahat seperti ini harus […]

Better Man

I really like this song, seems like my heart speaks loud. You and I had something special, babySomething that you only see on movie screens, I knowLately, I’ve been missing you like crazyOh, why, why’d you let me in just to let me go? Most guys will get high when feeling lowBut I don’t think that that’s the way to […]

Focus and Distraction

Ada beberapa pilihan di dalam hidup. “Ah, aku mau S2 dulu ah. Tapi, juga pengen nikah” atau “Ah, pengen deh keluar negeri kaya temen2 yg lain, tapi masih biayain kuliah” atau “pengen banget kerja di tempat lain, tapi masih punya kontrak nih di sini” Dua pilihan dan dua keinginan atau lebih yang sering bermunculan di pikiran kita kadang suka mendesak […]

Kesepian NIH!

Salah satu masalah anak muda milenial adalah faktor ‘Kes’. Faktor kesepian. Banyak anak muda menjalani hidupnya sangat merasa “duh, pengen deh ada temannya”, “duh, sendirian banget sih kemana-mana”, “duh, enak kali ya punya pacar!”, “duh, pengen kayak dia pacaran mesra banget”, dan lainnya. Apalagi di zaman media sosial yang berkembang banget, pasti banyak anak muda yang merasa terintimidasi dengan statusnya […]

Hah! Orang-orang Pada Nikah!

Waduh. Orang-orang pada nikah nih. Boro-boro nikah. Punya pacar juga enggak. Di umur kita yang memasuki 20-25 tahun. Pasti sudah banyak teman-teman kita yang mulai menyebar undangan. Setiap Sabtu atau Minggu. Banyak banget orang-orang di social media yang posting lagi kondangan. Gak ada masalah dengan orang yang menikah atau sudah menikah. Memang sudah waktunya dan sudah menemukan pasangan hidup yang […]

Gak Pacaran Juga Gapapa Kok

Aku pernah dengar podcast, di situ bilang seperti ini : “ada banyak perempuan yang sebenarnya dia tidak mau melakukan hal itu (berhubungan intim) tapi mau tidak mau dia harus melakukannya, karena kalo tidak, cowoknya jadi tidak suka lagi terus nanti bisa putus. Menurutku, kita gak pacaran juga gapapa kok. Kalo memang harus putus ya putus aja. Tapi nanti kalo putus […]

Mau Cari Apa?

Banyak banget persoalan dalam hidup yang membuat kita harus mengejar target, harus mencapai sesuatu, harus memiliki ini dan itu. Perkara tuntutan hidup dan dinamika sosial yang membuat kita ingin menjadi dan memiliki sesuatu seperti mereka. Orang-orang berlari untuk masuk pagi sampai malam. Berusaha untuk mengejar sesuatu yang nantinya akan membahagiakannya. Perkara mimpi-mimpi yang mungkin harus diraih. Ambisi kuat untuk mendapatkan […]

Ketika Orang Bingung, Harus Kurus atau Gemuk ya?

Banyak banget anak muda, gak cewek atau cowok, tapi lebih banyak cewek yang bingung. Harus kurus atau gemuk ya? Perkara orang lain selalu komentar, “Ih kamu gemukan deh”, atau “Ih kamu kurusan deh” dan lainnya. Ada masalah apa sih sama badan gue? Gue yang punya badan, kenapa pada sayang banget sama badan gue? Orang-orang selalu punya komentar negatif sama badan […]

Sudut Pandang Kekristenan dan Pancasila

Seperti yang kita tau, tanggal 1 Juni merupakan hari Kelahiran Pancasila. Hmm, sebenernya apa sih makna pancasila itu? Pancasila adalah dasar ideologi negara. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya, setiap kehidupan bangsa Indonesia harus berpedoman dan berdasarkan Pancasila ini. Sekeren apa Pancasila ini bisa jadi panutan hidup bangsa Indonesia? Bagaimana relevansi umat-umat […]

Cara Elegan Seorang Jomlo Menunggu Jawaban

Adakala dalam hidup, perkara menunggu adalah hal yang menyebalkan. Apalagi menunggu sesuatu yang tidak pasti. Menunggu sesuatu yang ga tau kapan bakalan terwujud. Adakah doa-doa yang selama ini dipanjatkan akan terwujud dan menjadi indah? Masih menjadi misteri. Gimana dengan kita? Jomlo yang sedang menunggu jawaban? Menanti jawaban “kok belum punya pacar juga yah” atau “kapan hubungan kita jelas dan menjadi […]