Mau Cari Apa?

Banyak banget persoalan dalam hidup yang membuat kita harus mengejar target, harus mencapai sesuatu, harus memiliki ini dan itu. Perkara tuntutan hidup dan dinamika sosial yang membuat kita ingin menjadi dan memiliki sesuatu seperti mereka. Orang-orang berlari untuk masuk pagi sampai malam. Berusaha untuk mengejar sesuatu yang nantinya akan membahagiakannya. Perkara mimpi-mimpi yang mungkin harus diraih. Ambisi kuat untuk mendapatkan […]

Ketika Orang Bingung, Harus Kurus atau Gemuk ya?

Banyak banget anak muda, gak cewek atau cowok, tapi lebih banyak cewek yang bingung. Harus kurus atau gemuk ya? Perkara orang lain selalu komentar, “Ih kamu gemukan deh”, atau “Ih kamu kurusan deh” dan lainnya. Ada masalah apa sih sama badan gue? Gue yang punya badan, kenapa pada sayang banget sama badan gue? Orang-orang selalu punya komentar negatif sama badan […]

Sudut Pandang Kekristenan dan Pancasila

Seperti yang kita tau, tanggal 1 Juni merupakan hari Kelahiran Pancasila. Hmm, sebenernya apa sih makna pancasila itu? Pancasila adalah dasar ideologi negara. Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Artinya, setiap kehidupan bangsa Indonesia harus berpedoman dan berdasarkan Pancasila ini. Sekeren apa Pancasila ini bisa jadi panutan hidup bangsa Indonesia? Bagaimana relevansi umat-umat […]

Cara Elegan Seorang Jomlo Menunggu Jawaban

Adakala dalam hidup, perkara menunggu adalah hal yang menyebalkan. Apalagi menunggu sesuatu yang tidak pasti. Menunggu sesuatu yang ga tau kapan bakalan terwujud. Adakah doa-doa yang selama ini dipanjatkan akan terwujud dan menjadi indah? Masih menjadi misteri. Gimana dengan kita? Jomlo yang sedang menunggu jawaban? Menanti jawaban “kok belum punya pacar juga yah” atau “kapan hubungan kita jelas dan menjadi […]

Siap Menghadapi “New Normal”

Indonesia akhir-akhir ini mulai identik dengan “New Normal”. Mantap. Apa tuh “New Normal”? Mungkin bisa diartikan kehidupan baru yang akan kita jalani berdampingan dengan pandemi Covid-19. Mungkin Covid-19 ini sudah menjadi sangat risih karena selalu diperbincangkan dimana-mana bahkan di dunia. Untuk kali ini, coba yuk, kita menggeser pemikiran kita tentang Covid-19 menjadi kehidupan baru yang akan kita jalani sebagai “New […]

Cara Berpikir Filosofi Stoicism Memandang Kehidupan

Adakalanya dalam hidup kita dihantui dengan perasaan bersalah, khawatir, cemas, ketakutan, dan hal negatif lainnya yang bisa mengganggu aktivitas kita. Seringkali kita terjebak dengan masalah dan pikiran-pikiran kita sendiri yang berlebihan sehingga dapat membuat kita stress, depresi, dan tidak bisa tidur. Bagaimanakah kita bisa memaknai masalah yang terjadi dikehidupan kita? Bagaimana kita bisa mengkontrol pikiran-pikiran kita? Mari kita belajar, bagaimana […]